8 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Nikita

8 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Palangkaraya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, memiliki pesona alam yang memikat dan budaya yang kaya. Terletak di tengah hutan tropis Kalimantan, kota ini menawarkan berbagai destinasi wisata menarik yang belum banyak dijelajahi oleh para wisatawan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat Wisata di Palangkaraya terbaru dan terhits yang layak untuk dikunjungi.

1. Danau Siling: Pesona Alam yang Menawan

Danau Siling adalah salah satu tempat wisata alam terbaru yang mulai populer di Palangkaraya. Terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota, danau ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan airnya yang jernih dan hamparan hutan hijau di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berenang, memancing, atau sekadar bersantai sambil menikmati keindahan alam yang tenang.

2. Taman Wisata Alam Tangkiling: Destinasi Edukasi dan Rekreasi

Taman Wisata Alam Tangkiling adalah destinasi wisata yang menggabungkan elemen edukasi dan rekreasi. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Palangkaraya, taman ini menawarkan berbagai fasilitas seperti jalur hiking, taman burung, danau buatan, serta area konservasi hutan. Pengunjung dapat belajar tentang keanekaragaman hayati Kalimantan Tengah sambil menikmati kegiatan rekreasi alam yang menyegarkan.

3. Jembatan Kahayan: Menikmati Pemandangan Kota dari Ketinggian

Jembatan Kahayan adalah salah satu landmark terbaru di Palangkaraya yang menawarkan pemandangan spektakuler kota dari ketinggian. Terletak di atas Sungai Kahayan, jembatan ini merupakan tempat yang populer untuk menikmati matahari terbenam dan mengabadikan momen indah dengan latar belakang panorama kota yang gemerlap.

4. Pulau Tangkiling: Surga Tersembunyi di Tengah Sungai Kahayan

Pulau Tangkiling adalah destinasi wisata terbaru yang menawarkan pengalaman eksplorasi alam yang unik di tengah Sungai Kahayan. Terletak tidak jauh dari pusat kota, pulau ini menawarkan berbagai kegiatan seperti trekking, berkemah, dan berinteraksi dengan komunitas lokal Dayak. Pengunjung dapat menjelajahi keindahan alam pulau ini sambil belajar tentang budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Baca Juga:  Candi Ratu Boko, Candi Eksotis Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Jogja

5. Museum Isen Mulang: Menyelami Sejarah dan Budaya Lokal

Museum Isen Mulang adalah tempat yang ideal untuk menyelami sejarah dan budaya Kalimantan Tengah. Terletak di pusat kota Palangkaraya, museum ini menampilkan berbagai artefak dan benda bersejarah yang mencerminkan kehidupan dan kebudayaan masyarakat Dayak. Pengunjung dapat belajar tentang sejarah daerah ini sambil mengagumi keindahan seni dan kerajinan lokal yang dipamerkan di museum.

6. Wisata Kuliner Pasar 45: Nikmati Kelezatan Kuliner Lokal

Pasar 45 adalah tempat yang sempurna untuk menikmati kelezatan kuliner lokal Palangkaraya. Terletak di pusat kota, pasar ini menawarkan berbagai macam makanan dan minuman tradisional Kalimantan Tengah yang lezat dan menggugah selera. Pengunjung dapat mencicipi hidangan khas seperti nasi kuning, sate khas Palangkaraya, dan minuman segar dari buah-buahan lokal.

7. Air Terjun Kalimantan Tengah: Keindahan Alam yang Spektakuler

Air Terjun Kalimantan Tengah adalah destinasi wisata alam yang belum banyak dijelajahi namun menawarkan keindahan yang memukau. Terletak di pedalaman Kalimantan Tengah, air terjun ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan airnya yang deras jatuh dari tebing tinggi ke kolam biru yang menyegarkan. Pengunjung dapat melakukan trekking yang menantang untuk mencapai air terjun ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

8. Danau Tahai: Oase Ketenangan di Tengah Hutan Tropis

Danau Tahai adalah destinasi wisata yang menawarkan kedamaian dan keindahan alam yang menakjubkan. Terletak di Taman Nasional Sebangau, danau ini merupakan salah satu dari sedikit danau di dunia yang terbentuk oleh aktivitas sungai bawah tanah. Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berenang, berkayak, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan indah danau dan hutan tropis di sekitarnya.

Baca Juga:  Pantai Slili, Pantai Cantik Nan Eksotis di Jogja

Kesimpulan

Palangkaraya menawarkan berbagai destinasi wisata terbaru yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Dari pesona alam yang memukau hingga warisan budaya yang kaya, kota ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan bagi para wisatawan yang mencari pengalaman yang berbeda. Jadi, jadikanlah Palangkaraya sebagai tujuan wisata berikutnya Anda dan jelajahi keindahan dan keunikan tempat Wisata Pontianak ini bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Bagikan:

Tags