Makanan Khas Palembang yang Enak dan Populer

Nikita

Makanan Khas Palembang yang Enak dan Populer

Palembang, ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan, tidak hanya terkenal karena sejarah dan budayanya yang kaya, tetapi juga karena kuliner khasnya yang lezat dan unik. Dengan pengaruh budaya Melayu, Jawa, dan Cina, Kuliner Khas Palembang menawarkan berbagai cita rasa yang memikat lidah. Berikut adalah beberapa makanan khas Palembang yang enak dan populer, yang wajib Anda coba.

1. Pempek

Pempek, mungkin adalah makanan khas Palembang yang paling terkenal. Terbuat dari adonan ikan dan tepung sagu, pempek hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, seperti pempek kapal selam, lenjer, dan adaan. Disajikan dengan kuah cuka yang asam manis, membuat rasa pempek semakin khas dan lezat.

2. Mie Celor

Mie celor adalah hidangan mie yang disajikan dengan kuah santan yang kental dan lezat. Mie kuning tebal dicampur dengan udang dan telur, memberikan tekstur dan rasa yang unik. Mie Celor adalah pilihan yang sempurna bagi Anda yang mencari makanan berkuah yang mengenyangkan.

3. Tekwan

Tekwan adalah sup ikan yang ringan namun kaya rasa. Terbuat dari adonan ikan dan tepung sagu yang dibentuk bulat kecil, tekwan disajikan dengan kuah kaldu bening, bihun, jamur, dan sayuran. Ini adalah makanan yang sempurna untuk dinikmati di hari yang dingin.

4. Martabak HAR

Martabak HAR (Haji Abdul Rozak) adalah varian dari martabak manis yang sangat populer di Palembang. Teksturnya yang lembut dan berbagai pilihan topping, seperti coklat, keju, dan kacang, membuatnya menjadi favorit banyak orang.

5. Model

Model adalah hidangan yang serupa dengan pempek, tetapi disajikan dalam bentuk sup. Adonan ikan dan tepung sagu disajikan dalam kuah kaldu yang hangat, seringkali dengan tambahan bihun dan potongan timun, menambah kesegaran pada hidangan.

6. Pindang Patin

Pindang patin adalah masakan ikan patin yang dimasak dalam kuah pindang yang khas. Rasa kuahnya yang asam, pedas, dan gurih, serta daging ikan patin yang lembut, menjadikan pindang patin sebagai hidangan yang sangat memuaskan.

7. Brengkes

Brengkes adalah hidangan ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan bumbu kuning. Ikan patin adalah pilihan yang populer untuk brengkes, memberikan rasa yang lezat dan aromatik.

8. Lakso

Lakso adalah hidangan yang mirip dengan laksa, terdiri dari mie yang dibuat dari tepung beras dan disajikan dengan kuah santan kaya rempah. Lakso adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang mencari makanan yang kaya rasa.

9. Es Kacang Merah

Sebagai hidangan penutup atau penyegar, es kacang merah adalah pilihan yang tepat. Kacang merah yang dimasak dengan gula merah dan santan, kemudian disajikan dengan es serut, memberikan rasa manis yang menyegarkan.

10. Sambal Tempoyak

Meskipun bukan makanan utama, sambal tempoyak (fermentasi durian) adalah pendamping yang lezat untuk berbagai hidangan khas Palembang. Rasa unik tempoyak yang kombinasi antara asam, pedas, dan sedikit pahit, membuatnya menjadi sambal yang khas dan dicari banyak orang.

Kesimpulan

Kuliner Palembang menawarkan kekayaan rasa yang berasal dari pengaruh berbagai budaya dan tradisi kuliner. Makanan khas Palembang tidak hanya menyajikan pengalaman rasa yang lezat, tetapi juga cerminan dari sejarah dan budaya daerahnya. Baik pempek, mie celor, atau tekwan, setiap hidangan memberikan citarasa yang unik dan memikat, menjadikan Makanan Khas Sumatera Selatan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Bagikan:

Tags

Artikel Terkait